Tempat Wisata di Karanganyar Terbaru yang Lagi Hits

Posted on

8 Tempat Wisata di Karanganyar yang Menarik dan Unik Meskipun kabupaten Karanganyar tidak mempunyai luas wilayah yang cukup besar, akan tetapi Kabupaten Karanganyar tidak pernah mau ketingalan dari daerah yang lain dari segala bidang, dari perkembangan kota dan juga tentang tempat wisata. Untuk itu dikesempatan kali ini saya ingi membahas tentang tempat wisata apa saja yang berada di Karanganyar. Berikut pilihannya.

1. Tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Tempat Wisata Karanganyar atau Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar terletak di lereng Gunung Lawu lebih tepatnya di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Tempat Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar merupakan bagian dari Hutan Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar.

Tempat Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar mempunyai ketinggiaa sekitar 80 meter dengan debit air yang cukup deras . Apabila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan terdapat air terjun lain, tetapi saat musim kemarau, banyak air terjun yang kering. Tempat Wisata Air terjun Grojogan Sewu karanganyar selalu ramai pengunjung dihari libur maupun dihari biasa.

Baca Juga: 21 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

2. Tempat Wisata Karanganyar Taman Pancasila

Tempat Wisata Karanganyar atau menyimpan beraneka ragam tempat-tempat menarik yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan. Taman Pancasila sendiri adalah wisata Karanganyar yang dapat dikategorikan sebagai wisata tempat menarik di kota Karanganyar, tak hanya ada Alun-alun kota Karanganyar, Masjid Agung Karanganyar, Agrowisata Sondokoro dan tempat-tempat menarik lainnya.

Tempat Wisata Taman Pancasila ini terletak di depan rumah dinas Bupati Karanganyar, tepatnya di sebelah timur kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar.  Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalis pada dirikita.

3. Tempat Wisata Museum Manusia Purba Kalster

Tempat Wisata Karanganyar atau wisata Museum Manusia Purba berada di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Area wisata Museum Manusia Purba terdiri dari beberapa bangunan mulai dari ruang diaroma, museum dan ruang audio visual.

Komplek museum mempunyai kontur tanah yang berbeda sesuai tahun terbentuknya tanah. Seperti Anjungan Notopuro merupakan anjungan yang berdiri diatas lapisan tanah yang terbentuk 250.000 tahun lalu, yang berisi fosil berupa banteng purba. Kemudian kompleks museum ruang diaroma berada dibagian paling bawah yang berisi tentang gambaran kehidupan manusia purba jaman dahulu lengkap dengan hewan-hewan yang hidup pada masa itu yang telah ditampilkan dengan tiga dimensi dan audio yang bagus, sehingga akan membuat pengunjung serasa dibawa kembali ke jaman peradaban manusia purba.

4. Tempat Wisata Watu Kandang

Tempat Wisata Karanganyar atau wisata Situs Watu Kandang adalah sebuah situs peninggalan zaman prasejarah yang berada di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, yang adalah peniggalan jaman Megalithikum atau sekitar2500 – 1500 Sebelum Masehi. Tempat wisata Situs Watu Kandang ini merupakan tatanan batu-batu alam yang terstruktur secara teratur dan digunakan sebagai tempat pemujaan kapada alam semesta terutama menyembah gunung-gunung pada zamat tersebut.

Tetapi sekarang wisata Situs Watu Kandang dijadikan tempat wisata sejarah dan menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang berada di Kabupaten Karanganyar yang sangat banyak menarik para wisatawan untuk berkunjung ketempat ini.

5. Tempat Wisata Air Terjun Sewawar dan air terjun Sedinding Karanganya.

Tempat Wisata Karanganyar atau wisata Air Terjun Sewawar dan wisata air terjun Sedinding berlokasi di Dusun Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Tempat Wisata Air Terjun Sewawar dan wisata air terjun Sedindingini telah di tetapkan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar sejak tahun 2015 dan hingga sekarang telah menarik banyak wisatawan. Tidak hanya wisatawan local atau wisata dari daerah Karanganyar saja yang sering mengunjungi tempat ini , tetapi banyak juga wisatawan dari daerah lain yang sering mengeksplor tempat ini.

Jarak wisata Air Terjun Sewawar dan wisata air terjun Sedinding apabila dari pusat kota Karanganyar berjarak sekitar 25 kilometer. Kedua air terjun ini mempunyai ketinggian yang berbeda Tinggi air terjun Sewawar sekitar 25 meter dengan lebar dasar aliran sekitar 15 meter. Sementara itu tinggi air terjun Sedinding sekitar 7 meter dengan lebar dasar aliran sekitar 2 meter.

6. Tempat Wisata Waterboom Tirta Guwo Indah

Tempat Wisata Karanganyar atau wisata Waterboom (kolam renang) Tirta Guwo Indah berlokasi di Kampung Guworejo, Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Bagi anda yang senang bermain air atau berenang cocok sekali apabila memasukan tempat wisata ini sebagai daftar tempat wisata di Karanganyar. dengan lokasi yang berada di tengah kampung di kawasan hutan karet sehingga mempunyai suasana yang sangat berbeda apabila di bandingkan dengan wisata Waterboom pada umumnya.


Tempat Wisata Waterboom (kolam renang) Tirta Guwo Indah menempati lahan yang cukup luas kurang lebih hampir 2000 meter persegi dengan posisi di lereng bukit sehingga banyak memberikan keunikan tersendiri bagi tempat ini. Jadi bagi wisatawan yang datang ketempat ini akan diberikan panorama yang indah dan tak hanya itu juga akan melihat sebagian lereng gunung lawu.

7. Tempat Wisata Sapta Tirta Pablengan

Tempat Wisata Karanganyar atau wisata Sapta Tirta Pablengan Terletak sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Karanganyar, tepatnya di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Sesuai dengan namanya, sapta kalau dalam bahasa Indonesia berarti 7(tujuh) tirta (mata air) jadi wisata Sapta Tirta Pablengan merupakan tempat wisata yang mempunyai 7 sumber mata air.


wisata Sapta Tirta Pablengan sering dianggap sakral oleh masyarakat setempat dan sering dianggap mempunyai khasiat yang berbeda dari setiap sumbermata airnya. Letak ketujuh mata air di kawasan ini pun saling berdekatan. Jarak dari setiap sumbermata air berkisar 1 – 13 meter. Tetapi uniknya, meski letaknya saling berdekatan, ketujuh mata air di sini mempunyai kandungan berbeda-beda.

Baca Juga Yuk: Tempat Wisata di Lampung Tengah yang Wajib Dikunjungi 

8. Tempat Wisata Grojogan Jurang Jero

Tempat Wisata Karanganyar atau wisata grojogan Jurang Jero adalah salah satu wisata alam yang berupa air terjun yang dimiliki Kabupaten Karanganyar. Nama Jurang Jero sendiri diambil dari nama dukuh yang terdekat dengan tempat ini yaitu dukuh Jurang Jero.  Tempat Wisata grojogan Jurang Jero atau Air terjun Jurang Jero ini menyajikan panorama air terjun yang indah serta panorama alam sekitar yang hijau dan menyejukan. Tempat wisata Air terjun Jurang Jero ini terletak di Desa Ndoplang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

Itulah beberapa tempat wisata yang berada di Karanganyar, dan semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin berwisata di Karanganyar. Yang terpenting lagi supaya Selalu ingat apabila kita berwisata jagalah selalu kebersihan dan jagan pernah merusah sesuatu apapun yang ada dikawasan tempat wisata. Oke salam piknik.